KBLI’s Valuation

I. Valuasi

Dalam post ini saya akan menjabarkan mengenai valuasi dari harga saham PT. KMI Wire and Cable Tbk., yang listed pada bursa saham indonesia dengan kode KBLI.

ttt.png
5 Year PE STD

Saya menggunakan PE standard deviation ini sebagai tools untuk melakukan valuation karena kita dapat dengan mudah melihat penyebaran nilai PER perusahaan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.  Garis +2 STD dan +1 STD dapat diasumsikan sebagai garis-garis overvalued yang disebabkan oleh keoptimisan para pelaku pasar dalam membentuk harga saham KBLI dalam kurun waktu 5 tahun yang lalu. Kemudian garis -2 STD dan -1 STD diasumsikan sebagai garis-garis undervalued yang disebabkan oleh kepesimisan para pelaku pasar dalam kurun waktu tersebut.

Kita sebagai value investor dapat memanfaatkan tools statistik ini untuk menilai apakah valuasi harga saham KBLI dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, Price Earning Ratio berada didalam range harga yang murah, wajar atau mahal. Untuk kondisi dari KBLI, garis strong overvalued (+2 STD) dari PER dalam 5 tahun berada di 11.57x, garis overvalued (+1 STD) berada di 9.5x, garis harga wajar (mean STD) berada di 7.44x , garis undervalued (-1 STD) berada di 5.37x dan garis strong undervalued (-2 STD) berada di 3.31x.

Harga closing KBLI pada saat tulisan ini dipublish tanggal 7 Juli adalah Rp 484/lembar, dengan memakai EPS TTM terakhir perusahaan adalah sebesar 83.84, rasio current PER TTM adalah sebesar 5.77. Sehingga jika kita lihat, valuasi harga saham terkini dari KBLI berada antara range harga wajar dan undervalued.

rew
5yr PE STD vs EPS

Kemudian, hal menarik berikutnya dapat kita temukan dari grafik diatas yang membandingkan grafik PE STD dengan Earning Per Share TTM dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Nilai EPS TTM berada pada puncak tertingginya yaitu sebesar Rp 83.84, namun rasio PER.nya hanya sebesar 5.77x. In contrast, kita dapat lihat pada semester 2 tahun 2014, para pelaku pasar bertingkah sangat optimis sehingga rasio PER KBLI melebihi garis Strong Overvaluse mencapai 13.46x. Penilaian pelaku pasar beranomali karena hasil EPS pada saat itu yang hanya sebesar Rp 10.85 dibandingkan saat ini yang meningkat sekitas 8 kali, namun PER saat dihargai kurang dari setengahnya yaitu 5.77x.

Dengan melihat dua perbandingan ini, saya mengasumsikan bahwa harga saham KBLI pada saat ini berada pada keadaan salah harga, karena dihargai terlalu murah dibandingkan hasil yang didapatnya.

Jika kita ingin hitung harga wajar pada saat sekarang dengan nilai EPS TTM yang didapat perusahaan, saya coba menghitung dengan mengalikan mean PE STD dengan EPS tersebut. Sehingga bila dihitung harga wajar KBLI saat ini adalah sebesar  Rp 83.84 * 7.44= Rp 623. (+28.7% dari harga saat ini di Rp 484)

Kemudian, mengasumsikan pada keadaan bursa saham Indonesia sekarang yang sedang berada pada tingkat yang optimis, kita bisa menggunakan garis overvalued (+1 STD) yaitu sebesar 9.5x. Sehingga untuk keadaan sekarang, harga KBLI pada pasar yang optimis berada pada harga Rp 83.84 * 9.5= Rp796 (+64.5% dari harga saat ini di Rp 484).

Namun sesuai pepatah “Mr. Market is always right”, harga yang sedang dibentuk saat ini adalah benar. Tetapi dengan keunggulan yang kita miliki sebagai investor individu, kita dapat berpikir secara rasional, apakah kita mau mengikuti kata Mr. Market atau menutup telinga dengan hiruk pikuk pasar dengan melakukan analisa perusahaan dan prospek perusahaan agar kita dapat menilai apakah perusahaan tersebut mempunyai valuasi yang murah dengan prospek pertumbuhan yang sangat besar kedepan. Dan disini, saya masih belajar dan mencoba untuk menjadi seorang investor individu yang rasional.

II. Proyeksi Laba Bersih

Dalam bagian ini, saya ingin mencoba menjabarkan mengenai proyeksi pendapatan dan laba bersih perusahaan pada akhir tahun. Nilai dari proyeksi laba bersih kemudian digunakan untuk mencari EPS pada tahun 2017 sehingga dapat digunakan untuk mencari valuasi dari harga saham KBLI kedepan. Dibawah ini akan terdapat dua proyeksi, yakni proyeksi dari manajemen dan proyeksi dari saya sendiri. Mengapa saya melakukan proyeksi juga? Karena saya menilai bahwa target yang manajemen buat terlalu konservatif (baca: main aman), padahal melihat dari tingginya permintaan dari PLN lewat program 35.000 MW pada tahun ini dan rencana perusahaan untuk meningkatkan kapasitas dan utilitasnya. Sehingga dari hal-hal tersebut membuat saya ingin melakukan proyeksi pada perspective yang lebih optimis namun terukur.

a. Proyeksi Manajemen

pppp
Proyeksi Pendapatan (source: Rangkuman Pubex 2017)
asd
Proyeksi Laba Kotor dan Laba Bersih (source: Rangkuman Pubex 2017)

Proyeksi laba bersih yang dibuat oleh manajemen untuk tahun 2017 ini meningkat sebesar Rp 33 miliar dibandingkan tahun 2016, yaitu dari Rp 322 miliar menjadi Rp 355 Miliar. EPS annual pada tahun 2016 adalah sebesar RP 83.43, sehingga proyeksi EPS pada akhir tahun adalah sebesar Rp 91.77. Dari hasil proyeksi manajemen ini, PER forward perusahaan saat ini adalah 5.27x. Apabila kita mengasumsikan PER wajar yang didapatkan dari pembahasan mengenai valuasi sebelumnya, harga wajar pada akhir tahun dengan menggunakan proyeksi EPS dari manajemen berada pada Rp 682 (+40.9% dari harga saat ini di Rp 484). Dan bila menggunakan garis pada tingkat yang optimis, harga KBLI berada pada Rp 871 (+79.96% dari harga saat ini di Rp 484). 

b. Proyeksi Penulis

Disini saya ingin mencoba untuk memproyeksi hasil yang bisa didapatkan oleh perusahaan pada tahun 2017 ini. Seperti yang saya baca dan mengerti dari analisa sebelumnya, customer terbesar perusahaan adalah PLN dan perusahaan juga menyatakan bahwa terdapat perubahan dalam proses lelang dimana PLN melakukan penunjukan langsung kepada para pabrikan sehingga membuat penjualan kepada pihak swasta yang mayoritas adalah distributor perusahaan berkurang porsinya. Kemudian keputusan manajemen untuk menambah kapasitas produksi sebesar 15rb ton kabel listrik aluminium dalam memenuhi permintaan dari PLN yang direncanakan akan mulai beroperasi pada kuartal 4 tahun ini membuat saya fokus melakukan proyeksi berdasarkan pertumbuhan penjualan yang didapatkan perusahaan hanya dari pelanggan utamanya yakni PLN.

Dari tabel proyeksi pendapatan diatas, peningkatan penjualan dari PLN adalah sebesar 30%. Saya menggunakan target pertumbuhan manajemen kepada PLN agar lebih terukur dan reliable untuk memproyeksikan pertumbuhan EPS pada tahun 2017. Sehingga proyeksi EPS versus tahun 2016 dengan menitik beratkan pada penjualan kepada PLN adalah Rp 83.43 * 1.3 = Rp 108.46/lembar. Dari nilai ini, PER forward pada harga saat ini adalah 4.46x.

Kembali lagi pada grafik PE STD diawal, dengan menggunakan proyeksi EPS ini, harga wajar berada pada Rp 806 (+66.5% dari harga saat ini di Rp 484) dan pada tingkat yang optimis berada pada Rp 1030 (+112.8% dari harga saat ini di Rp 484). Karena dari pembahasan awal mula artikel saya melihat betapa menariknya prospect pertumbuhan bisnis perusahaan, saya ingin menghitung juga apabila tingkat keoptimisan pasar terhadap perusahaan berada pada level yang sama pada semester 2 pada tahun 2014 yang lalu di PER 13.46x. Dari sini perhitungan yang didapat adalah sebesar Rp 1459 (+201.44 % dari harga saat ini di Rp 484).

III. Komparasi dengan perusahaan dalam satu industri

Mari kita coba bandingkan dengan para kompetitor di industri perusahaan kabel listrik yang juga listed di bursa saham Indonesia.

tr
Comparative Analysis

Perusahaan-perusahaan kabel listrik mempunyai rata-rata current PER TTM sebesar 8.67x yang dapat dilihat pada kolom Industri pada tabel diatas. PER TTM tertinggi dipegang oleh KBLM (PT. Kabelindo Murni Tbk) sebesar 16.62x. Hal ini menurut saya sangat tidak masuk akal karena under-perform dengan perusahaan sejenis.  Dari komparasi ini, dapat kita lihat berapa rata-rata PER perusahaan kabel listrik pada saat ini. Dan juga dengan bersikap rasional dan kritis, kita dapat menilai mana yang seharusnya dihargai mahal dan murah oleh pasar. 😉

In conclusion, begitulah kira-kira cara perhitungan dari harga wajar perusahaan dan proyeksi untuk performa perusahaan pada akhir tahun 2017 mendatang yang saya gunakan sampai saat ini. Perhitungan tersebut merupakan sebuah proyeksi atau prediksi yang tidak luput dari kesalahan, sehingga pembaca dapat menggunakan level Margin of Safety yang paling nyaman dipakai bagi para pembaca. Perhitungan target harga saham diatas yang saya lakukan tersebut hanya dapat dibuktikan oleh waktu, sehingga saya berharap saya dapat bersabar untuk menyimpannya sampai saat hasil laporan keuangan aktual resmi dirilis ke publik. Semoga sharing saya mengenai perhitungan valuasi dan proyeksi ini dapat bermanfaat sebagai bahan pembelajaran dan jangan ditelan mentah-mentah ya. Do you own homework too guys! 😉

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s